Wisata Dolli, Permandian dan Pegunungan Karst Jadi Satu

Ketika pertama kali mendengar nama tempat wisata ini, pikiran saya langsung melayang ke lokasi yang dulu sangat terkenal di Surabaya. Tapi yang ini beda, namanya wisata Dolli Bungaeja menawarkan perpaduan kolam renang dan pegunungan karst serta hamparan sawah hijau yang indah.

Lokasi dan Tiket Masuk

Menemukan tempat wisata Dolli ini cukup mudah, tinggal ketik saja di Google Maps dan kita langsung disuguhkan rute perjalanan menuju objek wisata yang terletak di Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros ini. Tenang saja jalan yang dilalui sudah berlapis beton namun ada beberapa ruas jalan yang masih beraspal dengan hiasan kerikil di sekitarnya, Luas jalannya pun termasuk sempit, harus ekstra hati-hati jika berpapasan dua mobil.

Memasuki area wisata Dolli malah jalannya masih berbatu campur tanah belum diaspal atau dibeton, namun jaraknya hanya sekitar 100 atau 200 meter saja dari jalan poros ke gerbang loket pintu masuk. Harga tiket masuk cukup murah hanya Rp 10.000 saja untuk dewasa dan Rp 5.000 anak-anak saat akhir pekan.

Fasilitas dan Wisata Alam Galung

Masuk ke dalam area Wisata Dolli, pengunjung langsung disuguhi kolam renang yang cukup luas dengan pembatas untuk memisahkan kolam dewasa dan anak-anak. Di sekitar kolam terdapat gazebo-gazebo untuk beristirahat dan beberapa kios-kios penjual makanan dan minuman. Tak jauh dari kolam renang, terdapat kolam pemancingan untuk pengunjung yang hobi memancing.

Selain itu, fasilitas tempat wisata Dolli termasuk lengkap seperti kamar mandi umum, home stay untuk pengunjung yang ingin menginap, musholla, warung makan, dan tempat penyewaan ban bagi pengunjung yang ingin berenang menggunakan ban.

Di sebelah kolam renang terdapat objek wisata lain yakni Wisata Galung yang menawarkan pemandangan alam pegunungan karst yang dipadukan dengan hamparan sawah. Banyak spot foto tersedia di tempat ini, pengujung bisa berfoto di tengah sawah yang hijau dengan background gunung karst yang memesona.

Memang Wisata Galung ini masih terus mengalami pembangunan dan penambahan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, tapi secara keseluruhan destinasi wisata alam ini sudah layak dan bisa dinikmati oleh pengunjung.


Wisata Dolli yang diresmikan tahun 2020 lalu memang menjadi tujuan wisata yang sedang hits saat ini, panorama alam yang indah dan suasana kolam renang yang segar membuat pengunjung betah berlama-lama berada di tempat ini.

Lokasinya yang tak terlalu jauh dari pusat kabupaten Maros dan juga Kota Makassar membuat Wisata Dolli semakin ramai dikunjungi saat week end dan hari libur sekolah. Jika anda ingin merasakan perpaduan objek wisata kolam dan alam, maka tempat ini bisa menjadi salah satu lokasi yang menarik.

Leave a comment